Cara Cek NISN SD, SMP dan SMA

Cek NISN Siswa - Setiap pelajar pasti memiliki sebuah identitas data diri sebagai seorang murid. Identitas tersebut biasa disebut dengan nomor induk siswa nasional atau disingkat dengan NISN. Di dalam nomor induk siswa ini memiliki angka secara acak yang ditangani oleh pusat data dan statistik kementrian pendidikan sebagai komponen dapodik (data pokok pendidikan). Jadi NISN ini dapat dilakukan pengecekan melalui media internet secara mudah dan cepat, mengingat  sekarang ini merupakan eranya sebuah teknologi. Yang mana dengan berselancar menggunakan layanan internet ini kita akan dapat dengan mudah mendapatkan informasi. 
Cara Melihat NISN Siswa @ kemdikbud.go.id
Menggunakan internet tentu tidak hanya dipakai untuk tujuan mengecek nomor induk siswa nasional saja. Melainkan informasi lain seperti ketika kita mengirimkan barang melelui jne, bisa mngecek keberadaan barang dengan nomor resi jne. Kemudian jika kita memiliki rekening bank, entah itu bca, bri, mandiri, dan bni tanpa harus pergi ke bank atau atm sudah dapat melakukan pengecekan jumlah saldo. Memang dengan adanya internet banyak sekali kemudahaan dan kenyaman yang di miliki, kita bisa mendapatkan berbagai macam wawasan dengan mudah dan cepat. Namun hal itu terkadang juga membawa nilai negatitif yang membuat manusia menjadi semakin malas, karena apa-apa sudah dilakukan secara instan.

Kembali lagi ke topic utama kita tadi, bahwa NISN sendiri diberlakukan secara komputerisasi terpusat secara online menurut standart perkodean. Jadi setiap siswa yang sudah terregistrasi akan memperoleh kode pengenal yang sering disebut dengan nomor induk siswa nasional. Biasanya nomor ini akan tetap digunakan sebagai identitas diri yang berlaku selamanya dari sd hingga sampek lulus sma. Jadi bisa dikatakan bahwa nisn setiap siswa akan berbeda dengan siswa lain di seluruh Indonesia. Dalam melihat data nisn siswa sd, smp, dan sma secara online, cukup penting karena ketika menjalankan ujian nasional dapat secara mudah mengisi kolom lembar jawaban identitas diri.

Sebelum pembahasan pada inti dari wacana seputar cara cek nisn siswa, sekedar tambahan informasi kami akan memberikan sedikit manfaat mengetahui Nomor Induk Siswa Nasional (NISN berikut ini.

  1. Sebagai sarana pengidentifikasi tiap siswa didik di seluruh Indonesia dengan standar tertentu yang bersifat tetap dan kontinu.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi unit-unit kerja baik di pusat, daerah hingga sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis teknologi informasi.
  3. Sebagai sistem pendukung Dapodik dalam pengembangan dan penerapan segala program pendidikan baik di tingkat nasional maupun daerah.

Cara Cek NISN Siswa SD, SMP, dan SMA

  1. Pertama buka alamat http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data
  2. Masukkan pada kolom yang sudah disediakan NISN, terus pilih mengecek sesuai nama,
  3. Lalu masukan nama siswa, tempat lahir dan terakhir tanggal lahir. 
  4. Jika sudah langsung klik tombol Cari.
  5. Apabila setelah mengisi dan mengetikan, nama siswa tidak tertera maka dapat menghubungi no telpon (021) 57905777 atau (021) 57904804.

Metode lain dalam cara cek nisn siswa sd, smp, smayaitu dengan memakai aplikasi android. Sebelumnya harus mendownload terlebih dahulu di play stote disni

Itulah tadi informasi yang dapat saya bagikan seputar cara cek nisn siswa. semoga dengan apa yang sudah kami tuliskan kali ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda. Dan kurang lebihnya kami cekdaftar.xyz bila ada salah pengucapan kata mohon maaf yang sebesarnya, Baca juga artikel kami yang lainnya di blog ini seputar cara cek terbaru.