Cara Cek Plat Nomor Kendaraan Lewat Smartphone Mudah

Cek Plat Nomor Kendaraan - Dengan maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor, begitu juga dengan pemalsuan BPKB serta STNK mengharuskan kita untuk hati-hati dalam memilih kendaraan bermotor bekas yang hendak dibeli, karena salah-salah bisa dijadikan tersangka dalam berbagai kejahatan tersebut. Apalagi sekarang ini kemajuan zaman yang serba modern dan canggih. Maka tak heran kalau hampir semua kalangan memiliki kendaraan bermotor dari berbagai jenis dan merk yang beredar dipasaran. Dengan banyaknya jenis kendaraan yang ada di indonesia. Berbagai tindakan penipuan dan pemalsuan dokumen menjadi semakin marak dikalangan masyarakat. Maka dari itu pada kali ini saya akan membagikan cara cek plat nomor kendaraan asli atau palsu.

Cara Cek Plat Nomor Kendaraan
Cara Cek Plat Nomor Kendaraan @jatengprov.go.id
Dengan banyaknya penipuan modus baru, hal itu membuat masyarakat diharuskan lebih waspada ketika hendak membeli kendaraan bermesin ini. Hal itu dilakukan supaya tidak dicurigai sebgai kawanan pencuri atau penadah sepeda maupun mobil curian. membuat surat tanda nomor kendaraan atau STNK yang palsu. Mungkin hal tersebut terjadi karena barang yang ia perjual belikan bisa saja barang curian atau memang di sengaja mengganti plat nomor dengan angka dan huruf unik sehingga mudah untuk dihafalkan. Akan tetapi dengan adanyan kejadian semacam ini masih banyak sebagian  orang yang  masih belum mengetahui secara pasti cara melihat plat nomor kendaraan pribadi.

Nah, untuk yang sampai saat ini belum mengetahui bagaimana cara membuktikan plat kendaraan asli atau bukan, kali kami akan memberikan informasi mengenai cara cek plat nomor motor diberbagai propinsi seperti jatim, jabar, jateng dan dki jakarta. Dengan begitu sebagia pengguna juga tidak akan mudah tertipu jika sudah membeli mobil atau kendaraan bermotor lainya tidak terdaftar di kepolisian. Berikut adalah pembahasan cara cek plat nomer yang bisa dilakukan dengan sms maupun secara online.

Atau misalkan menjadi korban tabrak lari dan ketika itu dapat mengingat plat nomor kendaraan yang telah mencelakakan, bahkan dapat mengeceknya tanpa harus ke Kantor Samsat, melainkan dengan cara yang lebih mudah, yakni dengan SMS atau dengan mengeceknya secara online.

Saya yakin ada pembaca yang masih belum mengetahui cara mengecek plat nomor kendaraan dengan 2 cara mudah tersebut, namun jangan khawatir, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara-caranya.

1. Cek Plat Nomor Kendaraan Melalui SMS

Bukan hanya transaksi perbankan saja yang bisa dilakukan melalui SMS, tetapi juga plat nomor kendaraan. Format SMS yang digunakan di masing-masing daerah berbeda-beda, seperti berikut ini:

a. Format SMS untuk Provinsi Jawa Barat (Polda Jabar)

Untuk Provinsi Jawa Barat, format SMS-nya adalah sebagai berikut: poldajbr (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim 3977

b. Format SMS untuk Provinsi Jawa Tengah (Polda Jateng)

Untuk Provinsi Jawa Tengah, format SMS-nya adalah sebagai berikut: JATENG (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim 9600

c. Format SMS untuk Provinsi Jawa Timur (Polda Jatim)

Untuk Provinsi Jawa Timur, format SMS-nya adalah sebagai berikut: JATIM (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim 7070

d. Format SMS untuk Daerah Jakarta (Polda Metro Jaya)

Untuk daerah Jakarta , format SMS yang digunakan adalah sebagai berikut: METRO (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim 1717

e. Format SMS untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY)

Untuk Daerah Istimewa Yogyakarta, format SMS yang digunakan adalah sebagai berikut: DIY (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirim 9600

f. Format SMS untuk Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri)

Untuk Daerah Kepulauan Riau, format SMS yang digunakan adalah sebagai berikut: kepri (spasi) Plat Nomor Kendaraan dan kirimkan ke 9969

Itulah format SMS yang digunakan untuk beberapa daerah, jika Anda mengecek dengan cara ini, maka akan dikenai biaya transaksi. Namun perlu diingat, ketika mengetikkan nomor kendaraan itu tanpa spasi, misalnya nomornya adalah AB 1234 AB, maka penulisannya adalah AB1234AB.

2. Cek Plat Nomor Kendaraan Secara Online

Selain melalui SMS, juga dapat mengecek plat nomor kendaraan ini menggunakan jaringan internet. Namun sayangnya, untuk cara yang kedua ini tidak semua daerah di Indonesia yang memiliki website yang secara khusus berisi database nomor kendaraan.

Sejauh ini yang tersedia hanya ada di 5 daerah dengan alamat website yang berbeda-beda, seperti di bawah ini:

a. Jawa Barat alamat websitenya adalah: http://dispenda.jabarprov.go.id/info-data-kendaraan
b. Jawa Tengah websitenya adalah: http://dppad.jatengprov.go.id/?page_id=226
c. Jawa Timur websitenya adalah: http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas
d. DKI Jakarta websitenya adalah: http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM
e. Medan dengan alamat websitenya adalah:  http://www.sms1717.net/informasi-stnk.html

Demikian itu tadi informasi mengenai cara mudah untuk mengecek plat nomer kendaraan, dengan adanya tulisan diatas semoga dapat membantu ketika terjadi masalah yang melibatkan nomer kendaraan yang dimiliki.