Cara Cek RAM Android, Pemakaian, Kapasitas Terupdate

Cek RAM Android - Salah satu hal yang tidak bisa diabaikan ketika memutuskan untuk membeli sebuah android adalah mengetahui jumlah kapasitas RAM. Ram sendiri bisa dikatakan sebagai tempat untuk menyimpan data yang berjalan. Artinya apa, RAM merupakan tempat menjalankan beberapa aplikasi yang berjalan, jika ram yang dimiliki sedikit maka hp akan terasa berat untuk loading dan menjalankan aktifitas lain. Apalagi jika dipakai untuk menjalankan game dan aplikasi yang banyak seperti wechat, line, whatsapp, bbm, tentu akan memakan banyak ram. Kita sendiri sebelum membeli ponsel pasti sudah mendengar, bahwa ponsel sendiri memiliki spesifikasi RAM antara 512 MB, 1 GB, 2 GB dan seterusnya.

Cara Cek Ram Android @appsearch.cool3c.com
Nah, besar kecilnya RAM yang ada pada android akan berpengaruh pada kinerja android. Jika kapasitas ukuran RAM android besar, maka smartphone dapat mendownload cukup banyak aplikasi. Tetapi jika RAM yang dimiliki pada perangkat hanya sedikit atau kecil, wajar saja meskipun hanya diisi dengan sedikit aplikasi android akan mulai macet atau lemot. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan inforasi bagaimana dalam melakukan cek ram android secara mudah dan benar.

Berikut di bawah ini adalah beberapa cara cek ram android yang bisa di praktekin

A. Cara Cek RAM Android

Cara mengecek RAM android ini cukup mudah, namun jika Anda masih belum tahu, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah yang tertera di bawah ini:

1. Pilih menu Setting

2. Dari menu setting tersebut kemudian pilih menu Application

3. Setelah itu silahkan pilih Manage App

4. Yang terakhir adalah pilih Running

Setelah mengikuti keempat langkah di atas, akan melihat total besaran RAM android berikut total yang telah digunakan dan yang masih tersisa. Jika enggan untuk melakukan cara di atas, bisa memeriksa RAM android pada boks kemasan android jika masih ada.

Setelah mengetahui kapasitas RAM android, hendaknya menggunakannya dengan seoptimal mungkin supaya kinerja android tetap baik. Nah, pembahasan yang selanjutnya adalah cara untuk mengoptimalkan kapasitas RAM android.

B. Cara Mengoptimalkan RAM Android

Karena berkaitan dengan kinerja android, tentunya tidak menggunakan RAM ini semaksimal mungkin. Gunakanlah seoptimal mungkin, dan berikut ini adalah cara untuk mengoptimalkan RAM pada smartphone:

1. Install aplikasi yang benar-benar diperlukan saja. Misalnya untuk aplikasi messenger, bisa menggunakan BBM, WhatsApp, Line ataupun yang lainnya. Pilihlah dua atau hanya satu saja, jangan diinstall semua, apalagi jika android memiliki RAM yang kapasitasnya kecil.

2. Gunakan broser yang hanya sedikit memakan RAM, misalnya UC browser mini atau opera mini. Jangan gunakan Mozilla Firefox ataupun Chrome yang dapat menghabiskan banyak ruang.

3. Dari sekian total kapasitas RAM, setidaknya sisakan ruang kosong sekitar 30 % supaya Android tidak lag.

4. Juga bisa menginstall aplikasi yang dapat digunakan untuk memaksimalkan RAM android, seperti RAM Booster, Seeder ataupun Titanium Backup dan Link 2SD.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara untuk mengecek RAM android, beserta bagaimana untuk mengoptimalkan RAM.