Cara Cek Tagihan Listrik PLN Bulanan Secara Online

Cara Cek Tagihan Listrik - PLN merupakan sebuah perusahaan Perseroan terbatas yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Bisa dikatakan juga bahwa PLN ialah perusahaan milik pemerintah yang dsebut dengan perusahaan BUMN. Jadi, semua listrik yang ada di seluruh Indonesia ini diurusi oleh semua pihak dari PLN. Ada baiknya bila mengetahui atau mengecek tagian listrik rumah yang dihuni. Dengan begitu bisa lebih mengantisipasi dan tentunya bisa dijadikan tolak ukur penggunaan listrik di rumah. Terlebih saat ini pengecekan tagihan listrik bisa dilakukan dengan mudah. Untuk meteran yang bisa dicek sendiri masih termasuk ke dalam sistem lama yang bukan menganus sistem pulsa. 
Cara Cek Tagihan Listrik PLN
Cara Cek Tagihan Listrik @ pln.co.id
Listrik sendiri merupakan kebutuhan yang sangat pokok didalam rumah. Jika tidak ada listrik kehidupan akan terlihat seperti jman dahulu yang membuat kita kesulitan melakukan aktifitas. Dengan adanya listrik dapat kita manfaatkan untuk kebutuhan semacam nonton tv, menyalakan laptop atau komputer, menyalakan lampu dan kebutuhan dapur seperti memasak juga bisa. Perlu diketahui bahwasannya adanya listrik di suatu rumah ini tidak gratis. Hal ini dikarenakan oleh keberadaannya yang membutuhkan biaya operasional. Begitupula dengan persoalan tarif harga per bulan tiap masing-masing rumah akan memiliki tagihan yang berbeda dan sudah ditentukan oleh tiap negara. Maka dari itu kebutuhan akan cara cek tagihan listrik bulanan juga perlu dilakukan .

Bahkan untuk melakukan pengecekan sendiri saat ini sudah dimudahkan oleh adanya sebuah handphone. Asalkan ada pulsa atau paket data internet, kita sudah dapat melakukan cek tagihan listrik. Jadi kita sudah tidak perlu lagi datang ke kantor hanya ingin mengetahui berapa besarnya tunggakan yang harus dibayarkan pada bulan ini. Lantas bagaimana caranya? Untuk lebih mudahnya langsung saja silahkan disimak berikut ini:

A. Melalui SMS

Jika ingin melakukan pengecekan tagihan listrik melalui sms, diberikan dua pilihan yakni berlangganan langsung atau hanya ingin mengecek pada bulan-bulan tertentu saja. Penjelasan lengkapnya bisa disimak dibawah.

1. Berlangganan Langsung

Kalau berlangganan langsung, maka akan mendapatkan sms setiap bulan yang isinya adalah informasi tentang tagihan listrik pada bulan yang telah berjalan. Caranya adalah dengan mengirim sms dengan formatnya adalah PLN (spasi) ON (spasi) Nomer ID. Sms tersebut kirimkan ke 8123. Dengan layanan ini akan dikenakan taris sesuai dengan ketentuan dari pihak operator seluler yang digunakan. Dan jika ingin berhenti berlangganan kirimkan sms dengan Format PLN (spasi) OFF (spasi) Nomer ID dan kirimkan ke 8123.

2. Pengecekan pada Bulan Tertentu

Ini sesuai untuk yang tidak ingin mendapatkan sms ‘rutinan’ dari pihak PLN. Format sms untuk cek tagihan listrik di bulan tertentu ini berbeda dengan format sms untuk berlangganan. Nah, format yang dimaksud ini adalah REK (spasi) Nomer ID dan kirimkan ke 8123.

Itulah cara pengecekan tagihan listrik melalui sms. Layanan ini hanya berlaku jika menggunakan operator Telkomsel, T Flexi, Mobile-8 atau Indosat, dan tentu saja layanan ini membutuhakn pulsa untuk membayar biaya transaksi. Kalau dirasa dengan menggunakan layanan sms terlalu mahal, bisa dengan metode lain yakni dengan browsing di internet, untuk caranya bisa disimak berikut ini.

B. Melalui Internet

1. Buka website resmi milik PLN terlebih dahulu www.pln.co.id

2. Setelah website milik PLN tersebut terbuka, akan melihat form layanan online di bagian kanan tengah. Silahkan masukkan ID di kotak yang telah disediakan

3. Setelah selesai memasukkan ID, selanjutnya adalah klik kotak cek yang ada di sampingnya dan tagihan listrik akan terpampang di layar.

Itulah cara untuk mengecek tagihan listrik melalui internet. Selain mudah, keutamaan lain dari cara yang kedua ini adalah juga dapat mengetahui tagihan listrik pada bulan-bulan yang telah berlalu. Sehingga dapat dijadikan sebgai tolak ukur kalau pembayaran listrik tiap bulan tidak mengalami kenaikan dengan signifikan. Kemudian juga bisa melakukan penghematan kalau melihat biaya yang dikeluarkan relatif mahal.

Demikian artikel yang mengulas tentang cara mengecek tagihan listrik ini. Semoga dapat membantu supaya  tidak terkejut lagi dengan nominal tagihan listrik bulanan. Dan pastinya jangan lupa untuk selalu berhemat dalam penggunaan listrik demi lingkungan dan demi keuangan.