Cara Cek Laptop Bekas Kualitas Seperti Baru

Cara Cek Laptop Bekas - Dalam sebuah pekerjaan, sekarang ini sudah membutuhkan alat yang lebih canggih seperti komputer atau laptop. Karena tuntutan, entah itu pekerjaan ataupun tugas kuliah dan sekolah, membuat kita tidak bisa terpisah dengan adanya laptop. Pada masa sekarang ini, laptop dibandrol dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun harganya cukup terjangkau, terkadang seseorang terpaksa untuk membeli laptop bekas karena beberapa alasan. Mulai dari mendahulukan kebutuhan yang lebih penting, baru kemudian jika ada rejeki lagi ingin membeli yang lebih baru. Semua itutergantung dari masing-masing masyarakat. Tapi yang jelas biasanya masyarakat beras=lasan membeli yang bekas sama saja dengan membeli yang baru, jika mengetahui cara cek laptop bekas yang baik dan benar.
Cara Cek Laptop Bekas
Cara Cek Laptop Bekas @ pcmweb.nl
Meski barang bekas tak selamanya berada dalam kondisi buruk jika mengetahui cara untuk memilihnya. Bahkan jika jeli dalam memilih laptop bekas, ini akan memberikan keuntungan, yaitu bisa mendapatkan laptop yang diinginkan tanpa perlu mengeluarkan uang yang lumayan untuk mendapatkannya. Jadi cara cek laptop bekas perlu di lakukan agar nantinya juga tidak menyesal telah membeli barang yang sudah rusak. kemampuan dalam menentukan pilihan juga perlu dipertimbangan, dan jangan sekali-sekali terkecoh dengan harga mahal atau murah dalam menentukan setiap barang elektronik.

Meski biasanya laptop bekas akan dipatok dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang baru. Namun biasanya juga tergantung dari merk atau brand sebuah barang. Jika merk masih dalam brad terkenal semacam samsung, aplle tentu harga akan sedikit lebih mahal dibandingkan laptop asus, lenovo, sony, dan lain-lain. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara mengecek laptop bekas yang dapat dijadikan sebagai bahan pedoman kalau ingin membeli sebuah laptop bekas. Agar lebih jelas berikut sudah kami siapkan semua panduan secara rinci yang bisa disimak berikut ini.

1. Perhatikan Fisik Laptop

Ini adalah hal pertama yang dapat dilihat secara langsung. Untuk goresan-goresan kecil yang ada pada laptop mungkin masih bisa ditoleransi, tetapi sebaiknya tidak mengabaikan retakan yang ada pada laptop ataupun cacat entah itu karena terbentur atau sudah pernah jatuh.

Perhatikan layar laptop. Pastikan bahwa layar laptop tersebut baik-baik saja tanpa ada dead pixel nya yang pasti akan mengganggu kelancaran dalam bekerja dan mengerjakan tugas. Jangan lupa juga untuk menguji keyboard serta touchpadnya, pastikan masih bekerja dengan baik.

2. Perhatikan Kondisi Baterai dan Chargernya

Baterai dan charger adalah dua komponen yang tidak bisa diabaikan ketika ingin membeli sebuah laptop, apalagi laptop bekas. Karena tanpa keduanya, laptop tidak akan berfungsi. Mungkin akan mengalami kesulitan untuk memastikan kondisi baterai.

Namun, sebenarnya dapat memastikannya dengan cara yang simpel, yaitu lihat indikator baterai dan cobalah untuk menjalankan beberapa aplikasi yang bisa dikatakan cukup berat. Lakukan hal ini 5 hingga 10 menit dan lihatlah apakah baterai mengalami penurunan yang terbilang ekstrem ataukah masih normal.

Sedangkan untuk charger, pastikan bahwa charger dapat bekerja dengan normal dan tidak mati hidup. Pastikan pula tidak ada bagian dari kabel charger yang terkelupas.

3. Motherboard dan Fitur Lainnya

Sebaiknya tidak membeli laptop yang motherboardnya sudah pernah diservice. Demikian juga periksa fungsi fitur yang lainnya, seperti speaker, wifi, webcam, bluetooth, DVD-ROM serta USB nya.

4. Produk Branded dan Garansi

Hendaknya memilih laptop yang sudah terkenal layaknya Toshiba, Compaq, Samsung, Lenovo, Asus, Sony dan sebagainya. Kenapa demikian? Karena perusahaan yang telah terkenal semacam itu pastinya banyak memiliki pengalaman dan laptop yang diproduksinya juga telah melewati berbagai tes sehingga kualitasnya terjamin.

Disamping itu, jika memilih laptop yang masih memiliki garansi, itu akan memberikan keuntungan, karena akan mempermudah misalnya dikemudian hari laptop yang dibeli bermasalah. Anda juga dapat menanyakan perihal garansi ini pada si penjual.

Itulah 4 cara untuk mengecek laptop bekas yang masih bagus dan terawat dari kami, semoga dapat membantu untuk mendapatkan laptop yang meskipun sudah bekas tetapi dapat tetap bekerja dengan baik. Disamping itu saran saya pastikan juga bahwa kondisi layar juga belum mengalami dead pixel.