Cara Cek NUPTK, Dapodik, PTK dan Data Guru

Prosedur Cek NUPTK Guru - Dengan perkembangan waktu yang semakin modern, banyak sektor telah memanfaatkan kemajuan itu dengan memberikan perubahan dalam hal pelayanan. Adapun sekarang ini yang telah melakukan pengerjaan dalam aspek kehidupan seman pekerjaan di perusahaan, pemerintahan dan berbagai instansi lain. Tak terkecuali lagi tentang pendidikan juga telah mengalami perubahan yang signifikan.

Cara Cek NUPTK, Dapodik, PTK Guru
Jika ingin berprofesi sebagai tenaga pendidik atau guru tentunya berbahagia dengan  berbagai tunjangan yang telah disiapkan oleh pemerintah, dan mungkin saat ini telah menjadi salah satu dari sekian guru yang menerima tunjangan tersebut. Tetapi jika belum mendapatkannya, jangan khawatir karena kesempatan masih ada.

Maka dari itu untuk kesempatan kali ini kami akan sedikit membahasa seputar kementerian pendidikan telah menerapkan pendataan guru/ tenaga pendidik atau jumlah dan nomer induk siswa nasional (nisn) dengan sistem online. Sistem ini sendiri mulai resmi direalisasikan pada tahun 2013 silam yang dikenal dengan sebutan pendataan data pokok pendidik atau disebut Dapodik.

Dengan adanya sistem tersebut tentu berbagai prosedur mendapatkan tunjangan dan berbagainya menjadi semakin terstrukur. Namun, semestinya sudah mengetahui bahwa untuk mendapatkan tunjangan tersebut harus melakukan pengecekan data dan segera melengkapi data jika masih ada yang kurang, karena akan berkaitan dengan pencairan dananya.

Berkaitan dengan pengecekan data tersebut, dapat melakukannya dengan mudah, bahkan bisa dari rumah. Asalkan memiliki jaringan internet untuk melakukannya. Tetapi Masih banyak yang merasa kesulitan dengan cara cek NUPTK guru. Mengingat NUPTK merupakan kumpulan nomer unik yang menjadi syarat guru yang ingin mengajukan program sertifikasi. Selain itu, dalam pengecekan data Dapodik, guru juga akan mengetahui data lain yang terdapat pada Direktorat P2TK.

Cek NUPTK, Dapodik, PTK Guru

1. Status NUPTK

Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang kemudian disingkat dengan NUPTK ini terdiri dari 16 digit yang kesemuanya adalah angka. NUPTK sifatnya adalah permanen atau tetap sekalipun guru yang bersangkutan sudah pindah tempat mengajar.

Untuk mengecek status NUPTK ini, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Kunjungi laman gtk data Kemdikbud terlebih dahulu http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status
b. Setelah itu, silahkan masukkan nomor NUPTK
c. Barulah kemudian klik enter dan sistem akan memunculkan data diri beserta status keaktifan nomer NUPTK.

2. Dapodik

Untuk mengecek Data Pokok Pendidikan atau yang kemudian disingkat menjadi Dapodik, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka situs resmi NUPTK
b. Jika belum mengetahui nomer PTK, silahkan masukkan nama sebagai gantinya
c. Masukkan lokasi mengajar
d. Klik Cari Data

3. PTK

Sedangkan untuk login ke halaman PTK, dapat melakukannya sesuai dengan langkah-langkah berikut ini:

a. Silahkan buka website untuk melihat info PTK terlebih dahulu
b. Setelah website terbuka, silahkan masukkan NUPTK. Namun jika sudah sertifikasi, silahkan masukkan NRG
c. Masukkan password pada kolom setelahnya. Password yang digunakan adalah tahun lahir, bulan lahir dan tanggal lahir
d. Salin kode verifikasi yang muncul pada kotak yang telah disediakan
e. Klik Submit

4. Data Guru

Jika ingin mengecek datasebagai guru, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

a. Login di website info GTK
b. Isi kolom Username dengan nomer NUPTK, NRG atau NIK.
c. Masukkan password sesuai dengan tahun lahir, bulan lahir dan tanggal lahir
d. Pilih semester yang diinginkan
e. Masukkan kode verifikasi yang muncul pada kolom yang tersedia
f. Klik Login