Cara Terbaru Cek Tagihan PDAM Lewat Internet

Cara Cek Tagihan Air PDAM - Dengan semakin terbatasnya air bersih saat ini, terpaksa kita memenuhi kebutuhan air dengan cara membeli. Yaitu dengan cara berlangganan air ke PDAM. Dan konsekwensinya, tentu saja kita punya kewajiban untuk membayar tagihannya setiap bulan. Dan tentunya tagihan PDAM tersebut tiap bulannya tidaklah sama. Semua tergantung dari seberapa borosnya kita dalam menggunakan air yang biasanya dikelola oleh pemerintah daerah ini. Biasanya setelah berlangganan maka setiap masyarakat dipersilahkan untuk melakukan pengecekan sendiri berapa kisaran biaya yang dikeluarkan dengan melihat meteran pengeluaran air. Namun, tidak sedikit pengguna air PDAM yang masih binggung dalam mengecek tagihan bulanan air. Maka dari itu disini kami akan memberikan solusi dengan memeberikan panduan cara cek tagihan PDAM online.
Informasi Rekening Tagihan PDAM Tirta Musi Palembang @ tirtamusi.com
Sebelum kita mengarah pada proses cara cek tagihan air pam, tiada salahnya untuk mengetahui beberapa informasi lain. Yang perlu anda ketahui bahwa PDAM merupakan perusahaan daerah penyedia air bersih yang diawasi dan dimonitor langsung oleh pemda setempat. Jadi intinya bahwa PDAM merupakan perusahaan BUMN yang merupakan pendapatan negara dalam upaya memakmurkan masyarakat. Jadi jangan sampai kita untuk menunggak biaya pembayan dan jangan sampai kita rugi ada oknum yang tidak bertanggung jawab menaikan tagihan yang tidak semestinya kita bayarkan dengan mengecek tagihan PDAM sendiri.

Mekanisme langkah ini memang tergolong masih baru, maka dari itu masih banyak yang kebingungan dalam cek tagihan pdam bulanan. Dengan begitu, mereka tidak usah repot untuk berdatang ke kantor PDAM, karena saat ini pembayaran air bersih juga bisa dilakukan melalui jalan online. Jadi tidak heran kalau perusahaan air minum ini semakin banyak pelanggan, karena mereka memasang tarif yang cukup murah. Nah, supaya Anda tidak lagi kebingungan dalam mengecek untuk menentukan jumlah tagihan, di bawah ini akan kami jelaskan mengenai cara mengecek tagihan PDAM secara online serta tips supaya tagihan PDAM menjadi lebih hemat. Untuk lebih jelasnya berikut detail informasinya.

A. Cara Cek Tagihan PDAM

Meskipun diberikan kemudahan dalam melakukan pengecekan tagihan PDAM yakni secara online, satu hal yang disayangkan adalah bahwasanya layanan cek tagihan PDAM ini belum terintegrasi menjadi satu layanan sehingga setiap pelanggan diharuskan mengetahui, tempat tinggalnya tersebut berada di wilayah kerja PDAM yang mana.


Adapun langkah-langkah untuk mengetahui tagihan PDAM secara online adalah sebagai berikut:

1. Buka website PDAM sesuai dengan daerah Anda, karena masing-masing daerah websitenya berbeda

2. Begitu website tersebut terbuka, Anda akan diminta untuk mengetik informasi sesuai dengan instruksi, biasanya adalah nomer pelanggan, periode pembayaran

3. Anda juga akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi di kolom yang tersedia

4. Setelah Anda selesai mengisi data-data yang diperlukan, selanjutnya adalah klik Cetak Tagih atau Submit

Itulah langkah-langkah untuk mengecek tagihan PDAM Anda, dan meskipun website untuk setiap kota berbeda, namun cara-caranya hampir semua sama, yakni dengan memasukkan nomer pelanggan atau ID pelanggan.

B. Tips Hemat Tagihan PDAM

Pembengkakan tagihan PDAM biasa terjadi, namun hal itu tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa hal yang dapat memicu pembengkakan tagihan PDAM, entah itu pemborosan air atau yang lainnya. Namun, beberapa tips di bawah ini dapat membantu Anda supaya tagihan PDAM menjadi lebih hemat, yaitu:

1. Usahakan tidak menggunakan air jika tidak begitu penting, seperti menyiram taman atau mengisi kolam

2. Usahakan untuk tidak melakukan hal yang dapat menyebabkan meter air tidak bisa dibaca karena jika hal tersebut sampai terjadi, petugas akan memberlakukan tagihan yang didasarkan pada rata-rata pemakaian air selama tiga bulan terakhir

3. Segera ganti kran yang rusak atau bocor karena dapat meningkatkan jumlah pemakaian meskipun Anda merasa tidak memakainya

4. Hubungi pihak PDAM jika Anda berniat untuk menambahkan instalasi di rumah Anda karena jika instalasi ini tidak dipasang oleh yang profesional akan meningkatkan resiko kebocoran yang berujung pada pembengkakan tagihan PDAM Anda

5. Selalu usahakan untuk membayar tagihan tepat waktu supaya Anda tidak terkena denda

Setelah melihat dan mencoba cara cek tagihan PDAM dan tips untuk menghemat penggunaan air pdam. Maka anda sekarang bisa mengontrol pembayaran setiap bulannya, sehingga tidak ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang bisa menaikan jumlah pembayaran. Selain itu, dalam melakukan pengecekan juga penting agar kita bisa mengevaluasi berapa pengeluaran tiap bulanan.