Cara Cek Driver Komputer Yang Terinstall Menggunakan Aplikasi

Cara Cek Driver VGA Motherboard Komputer – Untuk saat ini perangkat yang tergabung dalam satu sistem komputer banyak sekali komponen penting yang ada didalamnya. Mungkin salah satunya adalah driver. Karena bertugas mengendalikan perangkat keras atau hardware pada komputer, keberadaan dari driver komputer ini sangat penting dan harus benar-benar ada di laptop atau PC . Tugasnya yang vital ini akan mengakibatkan komputer tidak dapat bekerja sesuai fungsinya jika driver sampai tidak ada di perangkat komputer.

Cara Cek Driver Komputer
Cara Cek Driver @tokopedia
Perlu diketahui bersama, bahwa tanpa adanya software driver, maka sistem operasi yang ada di komputer kita tidak akan pernah bisa menggunakan sumber daya perangkat keras yang terdapat pada komputer tersebut. Untuk sampai saat ini pengguna komputer yang belum mengetahui akan pentingnya dan cara cek driver komputer. selain itu juga driver merupakan perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem untuk berkomunikasi dengan perangkat keras, nah kedua perangkat ini saling berhubungan, jika di antara ada salah satu yang tidak cocok sangat bermasalah , bahkan perangkat keras tersebut tidak akan bisa jalan tanpa adanya software.

Biasanya para produsen komputer akan melengkapi produknya dengan CD atau DVD yang berisi software driver dari komputer yang bersangkutan. Ini dimaksudkan supaya tidak terjadi ketidakcocokan antara driver dengan perangkat kerasnya.

Meskipun driver ini adalah software yang sangat penting, tapi tidak jarang orang yang belum mengetahui cara cek driver komputer, sehingga sesuai dengan judul di atas, fokus pembahasan artikel kali ini adalah mengenai cara mengecek driver komputer. Berikut ini cara detailnya.

1. Menggunakan Aplikasi

Cara ini adalah cara yang cukup praktis, karena nantinya  tak hanya mengecek driver tetapi juga terdapat link untuk mendownload driver yang belum terpasang di komputer. Banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek driver komputer. Berikut ini ialah beberapa di antaranya

a. Drivermax

Tak hanya mengenali driver, aplikasi ini memiliki fungsi Back-up dan restore driver sehingga jikamelakukan install ulang Windows,  hanya perlu me-restore driver karena sudah diback-up.

b. Driver Identifier

Aplikasi yang satu ini termasuk dalam aplikasi ringan dimana ukurannya hanya 926 kb yang dapat berjalan di beberapa sistem operasi. Anda hanya perlu mengunduhnya baru kemudian install di komputer, setelah itu silahkan buka aplikasi ini lalu tekan Scan Drivers.

Itulah 2 aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek driver komputer .

2. Tanpa Aplikasi

Anda juga dapat mengecek driver komputer tanpa menggunakan aplikasi, adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka Windows Explorer komputer 
  • Arahkan pointer pada My Computer lalu klik kanan
  • Pilih Properties
  • Pilih menu Hardware
  • Klik Device Manager yang akan memunculkan jendela Device Manager
  • Pilih salah satu driver yang ditandai dengan (?) berwarna kuning tebal, karena itu menunjukkan driver yang belum terpasang
  • Klik kanan pada driver yang telah dipilih sebelumnya
  • Klik Properties yang akan memunculkan jendela Properties
  • Klik Details
  • Klik ID Device
  • Klik kanan ID Device yang muncul lalu pilih Copy atau bisa dengan Ctrl+C
  • Buka halaman Devid Info dan pastekan ID Device yang telah dicopy tadi di kolom yang telah disediakan
  •  Klik OK
Setelah melakukan semua langkah diatas, kemudian akan muncul beberapa pilihan driver. Silahkan pilih driver yang  butuhkan lalu unduh driver yang dimaksud tersebut. Mudah bukan?

Itulah dua cara untuk mengecek driver komputer, semoga dapat menambah wawasan dalam hal mengecek software komputer yang sangat penting ini. Semoga bermanfaat.