Cara Cek No IMEI Hp Android Asli atau Palsu

Cek IMEI Android - Apakah Anda tahu apa itu nomer IMEI? IMEI adalah sebuah kode yang biasanya terdiri dari 14-16 angka dan bertujuan untuk mempermudah dalam mengidentifikasi sebuah ponsel. Dimana kode IMEI khusus tiap masing-masing ponsel memiliki kode yang berbeda. Ini menjadikan kode IMEI tersebut penting karena salah satu fungsinya adalah dapat menjadi pembeda antara produk palsu dan produk asli. Fungsi lainnya adalah ketika ponsel Anda hilang, dicuri misalnya, polisi akan mengidentifikasi ponsel Anda melalui kode IMEI ini juga.
Cara Cek Imei Android @ imei.info
Bahkan baru-baru ini terdengar kabar Kementerian Perdagangan dan Kementerian Komunikasi telah bekerja sama dengan operator telepon seluler di Indonesia untuk menggunakan IMEI dalam melihat keaslian sebuah hp. Pemerintah melalui dua kementerian tersebut, akan melakukan pemblokiran ponsel ilegal melalui nomor IMEI. Maka dari itu untuk menghindarkan kerugian ketika akan membeli poinsel bekas maupun baru, tiada salahnya untuk mengecek IMEI hp Android. Entah itu merk Samsung, Lenovo, Asus, BlackBerry dan lain-lain. Dengan begitu anda akan menjadi lebih waspada terhadap HP Android ilegal yang nantinya akan diblokir pemerintah, sehingga tidak merasa rugi.

Tak hanya itu, kode IMEI ini juga dapat digunakan untuk memblok ponsel Anda supaya tidak dapat melakukan akses ke jaringan seluler. Berkaitan dengan hal tersebut, kesimpulanya adalah ada baiknya juga Anda melakukan cara cek kode IMEI Android. Hal itu juga dilakukan agar menekan jumlah peredaran berbagai produk ilegal maupun black market menjadi menurun. Mengingat hal itu yang sangat merugikan negara, sepantasnya kita juga harus menggunakan produk yang sudah memiliki ijin dan dan yang telah memenuhi kewajiban bayar pajak. Sayangnya kesadaran akan data nomor IMEI di masyarakat kita sangatlah kurang. Maka dari itu, berikut kami telah menyiapkan cara mengecek IMEI HP Android mudah dan praktis.

1. Dusbook, Body dan Baterai

Anda dapat mengamati kode IMEI ini secara langsung karena sudah tertera di dusbook, body dan baterai ponsel. Namun, ada baiknya juga Anda mencoba langkah kedua di bawah ini.

2. Dengan Mengetik *#06#

Cara yang kedua ini dapat Anda lakukan dengan cara mengetiknya langsung *#06# dengan keypad ponsel Anda, dan begitu Anda selesai mengetiknya, kode IMEI akan muncul secara otomatis di layar ponsel Anda. Kode tersebut dapat digunakan pada hampir semua jenis ponsel.

3. Cek IMEI Android (Samsung, Lenovo, Asus, OPPO)

Meskipun Anda dapat menggunakan kode pada poin 2 untuk mengetahui kode IMEI ponsel Anda, namun ada beberapa ponsel yang juga memiliki cara khusus untuk mengetahui kode IMEI ini, misalnya pada android.

Kode IMEI pada android dapat dilakukan dengan cara:

a. masuk ke menu Setting
b. lalu pilih About Phone
c. kemudian pilih Status.

4. Cek IMEI BlackBerry & Sony Versi Baru

Untuk mengetahui kode IMEI pada Sony ericson dan Blackberry yang versi baru, caranya sedikit berbeda, yakni sebagai berikut:

a. Silahkan masuk ke menu Options
b. Pilih Status

5. Cek IMEI iOS (LTE/3G iPad, iPhone)

Sedangkan untuk cek kode IMEI pada iOS, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut ini:

a. Silahkan masuk ke menu Setting
b. Pilih General
c. Setelah itu, pilih About

6. Cek IMEI Sony Ericson Tipe Lama

Bagi Anda yang masih memegang ponsel Sony Ericson yang tipe lama, Anda juga dapat mengecek kode IMEI nya dengan cara berikut ini:

a. Ketik * pada layar
b. Klik tombol kanan
c. Ketik * lagi
d. Klik tombol kiri 2 kali
e. Ketik * kembali
f. Klik tombol kitri 1 kali
g. Terakhir ketik *

Demikian artikel yang menyuguhkan 6 cara untuk mengecek kode IMEI Android, semoga dapat menambah wawasan Anda dalam hal yang berhubungan dengan pengecekan kode IMEI. Dengan begitu anda tidak merasa rugi ketika membeli barang bekas atau second, baik itu HP, Laptop maupun perangkat elektronik lain.