Cara Terbaru Cek Saldo Jamsostek via Internet, SMS dan Bank

Cara Cek Saldo Jamsostek -  Mulai tahun 2015 silam pemerintah mencanangkan program baru yang disebut dengan jamsostek. Dimana dalam jamsostek sendiri memiliki kepanjangan jaminan sosial tenaga kerja. Tujuannya sendiri yaitu menjamin kesejahteraan para tenaga kerja di indonesia dalam menerima bantuan kesehatan. Jamsostek sendiri juga bisa diartikan sebagai salah satu asuransi kesehatan termudah dalam menerapkannya Dengan cara asuransi jamsostek ini, akan membuat jaminan dimasa tua nanti dan apabila sewaktu-waktu ada sakit dapat dipergunakan. Dalam memiliki/ mendaftar jamsostek juga sebenarnya sangat mudah. Namun yang terpenting Anda sudah memenuhi persyaratan daftar jamsostek.
Cara Cek Saldo Jamsostek BPJS Tenaga Kerja @ bpjsketenagakerjaan.go.id
Selain memenuhi persyaratan daftar jamsostek, tentunya Anda juga harus mengetahui macam-macam jamsostek itu apa saja. Tapi baru-baru ini terdengar kabar bahwa jamsostek telah berubah nama menjadi BPJS. Sehingga membuat masyarakat menjadi bingung apa itu yang dimaksut BPJS dan apa itu dengan jamsostek. Maka dari itu sebelum mengarah pada cara mengecek saldo jamsostek, tiada salahnya untuk mengetahui perbedaan jamsostek dan BPJS terlebih dahulu. Sebenarnya BPJS sendiri merupakan pengganti dari Jamsostek dan jika dilihat dari mekanisme dan manfaat penggunaannya cukup sama persis. Namun yang membedakan di BPJS yaitu terdapat macam dua jenis yakni BPJS kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Dengan terdaftarkan diri disalah satu asuransi ini maka hanya perlu membayarnya setiap bulan secara rutin. Kini sudah ada nama jamsostek yang akan membantu untuk meringankan beban yang sedang dialami. Namun, masih banyak orang yang masih belum mengetahui bagaimana cara cek saldo jamsostek, sehingga lebih mudah dalam melihat berapa besarnya kekurangan pembayaran rutin bulanan yang harus dibayarkan. Dengan begitu sudah tidak perlu repot-repot lagi untuk datang ke kantor hanya sekedar mengecek saldo jamsostek. Bahkan dengan kemajuan jaman yang serba canggih, kita juga bisa memanfaatkan media internet. Tidak hanya cek lewat online saja, mengingat ada dua cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan cek via sms dan melalui bank BNI.

Dengan adanya jamsostek yang ada di Indonesia, seakan membuat masyarakat menjadi lebih mudah dalam mengansuransikan diri dalam bidang kesehatan. Apalagi belakangan ini tersiar kabar setiap perusahaan mewajibkan karyawannya mendaftarkan semua anggota keluarganya untuk bergabung menggunakan jamsostek. Maka dari itu dengan banyaknya keluarga yang menjadi tanggungan, setidaknya harus mengetahui saldo jamsostek. Belum lagi jika sudah pernah memakai fasilitas kesehatan dari rumah sakit. Nah dari pada pembahasan kita menjadi semakin panjang, langsung saja berikut ini cara cek informasi saldo Jaminan Hari Tua (jht-bpjs) via bank bni, sms dan online internet.

Cara Cek Saldo Jamsostek

1. Melalui SMS

Dengan cara ini, sangat memungkinkan untuk melakukan pengecekan saldo kapan saja, selama Anda memegang ponsel dan operator yang digunakan memungkinkan untuk mengirim sms.

Akan tetapi, sebelumnya harus mendaftar terlebih dahulu, caranya adalah dengan kirim sms juga dengan formatnya adalah REG#Nomer BPJS #Tanggal Lahir #Nama Ibu Kandung dan kirim ke 0811-1009-9696.

Setelah mendaftar dengan format di atas, tunggulah sebentar hingga sms balasan yang berisi nomor ID masuk ke ponsel.

Bila telah menerima nomer ID tersebut, maka dapat langsung mengirim sms, guna mengecek saldo Jamsostek. Dan formatnya adalah SALDO#Nomer ID, lalu kirim ke nomer 0811-1009-9696. Setelah itu akan mendapatkan sms balasan yang berisi jumlah saldo Jamsostek.

2. Melalui Internet

Karena melalui internet, tentu saja harus mempunyai koneksi internet untuk mengakses situs resmi milik Jamsostek di www.jamsostek.co.id. Detail caranya silahkan ikuti langkah-langkah atau pedoman brieku ini:

a. Buka situs resmi milik Jamsostek
b. Pastikan bahwa Anda sudah terdaftar di situs resmi milik Jamsostek. Namun, jika belum masih pengguna baru, bisa langsung mendaftar dengan klik Sign Up dan klik Tenaga Kerja. Silahkan daftarkan diri sesuai dengan panduan dan instruksi yang ada
c. Jika sudah terdaftar, langsung saja klik LOGIN dan lengkapi data yang diperlukan untuk melihat saldo
d. Kalau sudah masuk menu member jamsostek, pilih menu link buku JHT dan lihat rincian saldo Jamsostek yang terpampang.

3. Aplikasi Jamsostek

Untuk metode selanjutnya bisa dengan melakukan install aplikasi Jamsostek di smartphone. Setelah aplikasi tersebut diinstall, daftarkan diri sesuai dengan perintah yang tertera sehingga mendapatkan username serta password, barulah dengan begitu dapat mengecek jumlah saldo Jamsostek dengan ponsel.

4. Melalui Kantor Cabang Jamsostek

Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengetahui saldo Jamsostek, yakni dengan mendatangi langsung kantor cabang Jamsostek dekat tempat tinggal. Namun jika menggunakan cara ini, harus keluar rumah, belum lagi ongkos transportasi serta waktu yang harus diluangkan untuk mengantri.

Tetapi, dari semua cara tersebut, pilihannya ada di tangan Anda. Silahkan untuk menggunakan cara yang mana saja. Yang terpenting bisa mengetahuyi informasi jumlah saldo jamsostek bpjs kesehatan, sehingga nantinya tidak khawatir akun kita akan ditangguhkan karena terlambat membayar besarnya tagihan yang harus dibayarkan. Demikian artikel ini, semoga dapat membantu mengenai cara cek saldo Jamsostek.